warnahost.com

Untuk Indonesiaku

Usiamu kini bertambah lagi
Semoga saja kau tak lelah melihat orang-orang yang mungkin saja melupakanmu.
Aku sering mendengar banyak orang yang bertanya, "Apakah kita benar-benar sudah merdeka?"
Aku seolah tak bisa bicara apa-apa.
Kalimat apa yang harus aku berikan kepada mereka untuk menjawab pertanyaan itu?

Aku semakin gelisah kala melihat banyak orang yang teraniaya di negeri yang damai ini.
Aku semakin gelisah melihat orang-orang menderita kelaparan di negeri yang katanya subur ini.
Aku iba melihat orang yang menghinamu tapi malah diagungkan.
Aku marah melihat orang yang menusukkan belati ke jantungmu dibiarkan begitu saja.
Aku marah melihat orang-orang yang mencintaimu tetapi dikebiri
Lalu, inikah arti merdeka?
Inikah arti damai dan subur?
Inikah arti kemenangan dari sebuah bangsa yang besar??

Dirgahayu Indonesiaku

Indonesiaku, aku tahu ini bukan salahmu
Ini salah orang-orang yang seolah menutup mata tentang cita-citamu
Ini adalah salah orang-orang yang seolah tak pernah belajar tetangmu.
Ini afalah salah orang-orang yang hanya memikirkan kantongnya sendiri.

Oh, Indonesiaku!
Kini kau sudah renta.
Angka 71 itu bukan waktu yang sedikit.
Tahun 45 itu sudah lama berlalu
Lalu, apakah pertanyaan itu harus aku jawab??
Atau aku hanya perlu tersenyum saja lalu kembali menangis mengenangmu???


Gowa, 17-08-2016

Related Posts

Komentar: